Ay's Blog

Another Side of My Life…

[relationship] Sendal dan Ideologinya Dalam Hubungan Antara Pria dan Wanita


Hari Minggu kemarin, pembicara di tempat ibadah yang kuikuti membahas topik menarik tentang permasalahan umum yang sering terjadi dalam kehidupan berumah tangga. Dan dari semua yang beliau bicarakan, aku tertarik saat dia membahas tentang ideologi sandal terhadap hubungan khusus antara pria dan wanita. Menurut sang pembicara, hubungan khusus antara seorang pria dan wanita itu sama seperti sepasang sendal. Mengapa demikian?

PERTAMA, antara satu dengan yang lain, PASTI berbeda. Lihat saja sepasang sendal, masing-masing sisi pasti didesain berbeda, satu untuk kaki kiri, dan satu untuk kaki kanan. Jika sampai sepasang sendal didesain sama persis, entah sama-sama kiri ataupun sama-sama kanan, maka sendal tersebut tidak akan bisa dipergunakan dengan baik. Begitu juga dengan hubungan antara pria dan wanita. Pada dasarnya, pria dan wanita diciptakan MEMANG berbeda. Sang pembicara mengungkapkan sebuah contoh sederhana seperti berikut. Wanita diciptakan dengan 20000 oksitosin setiap harinya, sementara pria hanya 7000. Jadi jika istrimu cerewet, dengarkan sajalah. Tidak selamanya hal tersebut adalah buruk. Para pria diciptakan dengan oksitosin lebih sedikit untuk mengimbanginya, karena jika dua-duanya cerewet, siapa yang akan didengarkan? Jangan lagi complain mengapa istrimu begitu cerewet atau mengapa suamimu begitu pendiam. Karena Tuhan MEMANG menciptakan kita begitulah adanya.

KEDUA, sepasang sendal, antara kiri dan kanan pasti tidak akan sama dalam berjalan. Saat sendal kiri melangkah, sendal kanan pasti diam berpijak pada tanah, dan sebaliknya. Demikian juga pria dan wanita. Tidak hanya desain mereka saja yang berbeda, namun juga isi otak dan cara berpikir mereka. Dan itu semua tentunya berpengaruh pada cara mereka menjalani hidup, memandang suatu permasalahan dan mencari jalan keluarnya. Pada umumnya, pemikiran pria lebih terkotak-kotak, terstruktur dan mengarah pada masa depan dan malas mengingat segala sesuatu yang telah lewat. Sedangkan wanita diciptakan untuk selalu mengingat masa lalu juga, dan itu berguna untuk mengimbangi pola pikir pria yang bertolak belakang. Wanita jadi bisa mengingatkan pria untuk tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang terjadi di masa lalu, atau untuk tetap percaya bahwa mereka bisa tetap survive seperti yang lalu-lalu.

KETIGA, meskipun sendal kiri dan kanan pasti berbeda baik bentuk maupun tindakannya, namun sendal kiri dan kanan pasti selalu berjalan bersama mencapai satu tujuan. Demikian pula dengan kehidupan pria dan wanita. Sepasang pria dan wanita, pastilah berbeda baik fisik maupun pemikirannya. Namun diatas semua perbedaan itu, mereka tetap memiliki satu tujuan akhir yang sama. Itulah sebabnya mereka tetap berjalan bersama meski diantara mereka terdapat begitu banyak perbedaan. Dan ingatlah, jangan membuang waktu terlalu lama untuk seseorang yang bahkan tak punya tujuan yang sama dengan kita. Itu jelas berarti dia bukanlah pasangan yang sudah disiapkan Dia untuk kita.

Dan yang KEEMPAT, tak peduli semahal apapun sendal itu, semewah apapun sendal itu, seindah apapun sendal itu, jika satu hilang, maka yang lainpun jadi tidak lagi berguna. Begitu juga dengan manusia. Masing-masing dari diri kita memiliki keindahan dan potensi yang memang tampak dan bisa dilihat oleh orang lain meskipun kita sedang sendiri. Namun dengan bersatu dengan pasangan kita, kita akan menjadi sempurna. Mengapa? Karena pasangan dengan segala kelebihan dan kekurangannya akan membuat kita lebih indah, lebih berguna, dan lebih sempurna…

Setiap orang adalah malaikat yang hanya memiliki satu sayap.
Dan kita hanya bisa terbang dengan saling memeluk
(Luciano de Creschenzo)

Have a nice day…

Single Post Navigation

4 thoughts on “[relationship] Sendal dan Ideologinya Dalam Hubungan Antara Pria dan Wanita

  1. mantabs…. !!! πŸ˜€ πŸ˜€

  2. Ekstaradis on said:

    Anak nginden ?? :D. Iy kotbahnya bagus kemaren buat suami istri :). GBU always

  3. Gund-EX on said:

    bagus perumpamaannya… πŸ™‚

  4. @Lanny : ioh.. begitu denger, aku langsung ngomong dalam hati : “pulang, tak blog!”. LoL
    @Ekstaradis : kbetulan kmaren ke Nginden.. GBU too.. πŸ™‚
    @Gund-EX : iah… πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: